Rabu, 12 Juni 2013

Contoh Laporan Penelitian Ilmiah (Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler)

Kata Pengantar
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbilalamin. Segala puji bagi Allah yang telah menolong saya menyelesaikan laporan ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni nabi muhammad SAW.
Laporan ini disusun agar pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler disekolah, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Semoga Laporan ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun Laporan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.













13 Juni 2013
Penyusun


(Nindi Wahyuni)


Daftar Isi

Kata Pengantar…………………………………………………………………………2
Daftar Isi………………………………………………………………………………..3
Bab I Pendahuluan………………………………………………………………………4   
1.1  Latar Belakang Masalah
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Batasan Masalah
1.4  Identifikasi Masalah
1.5  Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Bab II……………………………………………………………………………………7
A. Landasan Teori
2.1 Pengertian
2.2 Jenis-Jenis
2.3 Pengaruh
B. Kesimpulan
Bab III…………………………………………………………………………………..9
          A. Penutup
          B. Saran
          C. Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang Masalah
Belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi edukatif antara guru dan siswa. Tujuan dari interaksi edukatif tersebut meliputi tiga aspek, yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan secara baik, diperlukan peran maksimal dari seorang guru, baik dalam penyampai materi, penggunaan metode, pengelolaan kelas dan sebagainya. Selain itu, diharapkan kepada guru untuk lebih kreatif untuk melakukan kegiatan pendukung pembelajaran didalam kelas salah satu kegiatan pendukung yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan “kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran”. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler.
Khusus untuk mata pelajaran bahasa inggris, jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sering dilaksanakan disekolah maupun diluar sekolah yaitu ekstrakurikuler debat bahasa inggris. Seperti berbahasa inggris diluar jam sekolah maupun dilingkungan sekolah,untuk lebih fasih lagi dalam pengucapannya.
Dari paparan singkat diatas bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa, termasuk kegiatan yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa dikelas. Dugaan ini terbukti dari hasil prasurvey yang peneliti lakukan di SMA XYZ. Dari prasurvey tersebut, peneliti menemukan sebagian siswa yang sering mengikuti kegiatan OSIS,perdebatan bahasa inggris,laboratorium bahasa, dan sebagainya juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dan prasurvey diatas, maka dapat dirumuskan permasalahannya dalam penelitian diatas sebagai berikut:
1. Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ ?
2. Bagaimana aktivitas belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ ?
3. Apakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ ?

1.3 Batasan Masalah
Karena keterbatsan dari segi waktu, kesempatan dan kemampuan saya, maka penilitian ini hanya membahas tentang pengaruh dan hubungan antara kegiatan ekstrakulikuler dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA XYZ di kota Gorontalo. 

1.4 Identifikasi Masalah
Merujuk pada Latar belakang masalah di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang diatas :
1. Apakah ada pengaruh terhadap perstasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris?
2. Apakah terdapat hubungan antara kegiatan ekstarkulikuler debat bahasa inggris pada prestasi belajar siswa?

1.5 Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
            1.5.1 Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang:
1. Kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ.
2. Aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ.
3. Pengaruh yang signifikan antara kegiatan terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajara bahasa inggris di SMA XYZ.

1.5.2 Kegunaan Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini dapat peneliti rangkum kedalalam 2 bagian yaitu:
1.5.2.1 Manfaat Praktis
A. Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan belajar anak.
B. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun implementasi praktek pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia.

1.5.2.2 Manfaat Teoritis
A. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan yang bermanfaat bagi guru bahasa inggris sebagai bahan evaluasi sekaligus sebagai masukan dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mempengaruhi secara positif terhadap aktivitas belajar siswa di kelas.


BAB II
A.   LANDASAN TEORI

2.1
Pengertian
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.
2.2 Jenis-Jenis
            Berikut beberapa contoh ekstrakurikuler yang di adakan di sekolah-sekolah di Indonesia:
  • Olahraga
    • Bola Basket
    • Bola Voli
    • Futsal
    • Sepak Bola
    • Bulu tangkis
    • Renang
  • Beladiri
    • Judo
    • Karate
    • Pencak silat
    • Pecinta Alam
    • Takraw
    • Tarung derajat
    • Taekwondo
  • Keagamaan (Pendalaman agama)
    • Kerohanian Islam
    • Kerohanian Kristen
  • Kesenian/Apresiasi/Musik
    • Drum band
    • Jurnalis
    • Pemandu sorak
    • Paduan suara
    • Tari
      • Tari modern
      • Tari tradisonal
    • Teater
    • Vokal grup
  • Keilmuan
    • Kelompok Ilmiah Remaja
      • Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Alam
      • Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Komunitas
  • Information and Communications Technology Club
    • English Study Club
    • English Debate Club
    • Jepanese Club
  • Baris-berbaris
    • Pasukan Pengibar Bendera
    • Praja muda karana (pramuka)
  • Medis
    • Palang Merah Remaja

2.3 Pengaruh
            Terdapat hubungan yang positif antara keterlibatan siswa dalam kegiatan-kegiatan Ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa. Ada kecenderungan semakin sering atau banyak seorang siswa terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler semakin baik prestasi belajarnya.

B. Kesimpulan
Kesimpulan Sementara
Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengaruh kegiatan ekstrakulikuler didalam dunia pendidikan khususnya disekolah sangat memberikan pengaruh positif kepada siswa dikelas.

BAB III
3.1 Penutup
Contoh laporan penelitian ilmah ini mengangkat persoalan bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakulikuler didalam dunia pendidikan, khususnya disekolah. Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap aktivitas belajar siswa dikelas
3.2   Saran
Berdasarkan beberapa uraian dan kesimpulan tersebut maka perlu kiranya penulis untuk menyampaikan saran sebagai usaha untuk meningkatkan efektifitas kegiatan ekstrakulikuler debat bahasa inggris disekolah untuk memberikan pengaruh positif kepada siswa.
3.3 Daftar Pustaka
[1]. www.google.com
[2]. Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1995
[3]. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung : Alpabeta, 2007
[4]. B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah : Wawasan baru, Beberapa metode pendukung dan Beberapa komponen layanan Khusus, Cet 1. Jakarta : Rineka Cipta, 1997, AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRISDI SMA Y KOTA TEBING TINGGI

Laporan ini dibuat bedasarkan Contoh Proposal Penelitian Ilmiah dipostingan sebelumnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar