Kata
Pengantar
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbilalamin. Segala puji bagi Allah
yang telah menolong saya menyelesaikan laporan ini dengan penuh kemudahan.
Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan
baik. shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta
yakni nabi muhammad SAW.
Laporan ini disusun agar
pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler
disekolah, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Semoga Laporan ini dapat
memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun Laporan ini
memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya.
Terima kasih.
13 Juni 2013
Penyusun
(Nindi Wahyuni)
Daftar Isi
Kata
Pengantar…………………………………………………………………………2
Daftar
Isi………………………………………………………………………………..3
Bab I
Pendahuluan………………………………………………………………………4
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Identifikasi Masalah
1.5 Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Bab II……………………………………………………………………………………7
A. Landasan
Teori
2.1 Pengertian
2.2
Jenis-Jenis
2.3 Pengaruh
B.
Kesimpulan
Bab III…………………………………………………………………………………..9
A. Penutup
B. Saran
C. Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Belajar mengajar pada dasarnya
merupakan proses interaksi edukatif antara guru dan siswa. Tujuan dari
interaksi edukatif tersebut meliputi tiga aspek, yakni aspek kognitif, afektif
dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan secara baik, diperlukan peran maksimal
dari seorang guru, baik dalam penyampai materi, penggunaan metode, pengelolaan
kelas dan sebagainya. Selain itu, diharapkan kepada guru untuk lebih kreatif
untuk melakukan kegiatan pendukung pembelajaran didalam kelas salah satu
kegiatan pendukung yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan
“kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran”. Kegiatan ekstrakurikuler ini
dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan
kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler.
Khusus untuk mata pelajaran bahasa
inggris, jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sering dilaksanakan disekolah
maupun diluar sekolah yaitu ekstrakurikuler debat bahasa inggris. Seperti
berbahasa inggris diluar jam sekolah maupun dilingkungan sekolah,untuk lebih
fasih lagi dalam pengucapannya.
Dari paparan singkat diatas bahwa
kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat menunjang kegiatan
belajar siswa, termasuk kegiatan yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa
dikelas. Dugaan ini terbukti dari hasil prasurvey yang peneliti lakukan di SMA XYZ.
Dari prasurvey tersebut, peneliti menemukan sebagian siswa yang sering
mengikuti kegiatan OSIS,perdebatan bahasa inggris,laboratorium bahasa, dan sebagainya
juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian dan prasurvey
diatas, maka dapat dirumuskan permasalahannya dalam penelitian diatas sebagai
berikut:
1. Bagaimana
kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris siswa kelas X pada mata pelajaran
bahasa inggris di SMA XYZ ?
2. Bagaimana
aktivitas belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ ?
3. Apakan terdapat
pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa inggris
terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di
SMA XYZ ?
1.3 Batasan
Masalah
Karena keterbatsan dari segi waktu,
kesempatan dan kemampuan saya, maka penilitian ini hanya membahas tentang
pengaruh dan hubungan antara kegiatan ekstrakulikuler dengan prestasi belajar
siswa kelas X SMA XYZ di kota Gorontalo.
1.4
Identifikasi Masalah
Merujuk pada Latar belakang masalah
di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang berkaitan dengan latar
belakang diatas :
1. Apakah
ada pengaruh terhadap perstasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa
inggris?
2. Apakah
terdapat hubungan antara kegiatan ekstarkulikuler debat bahasa inggris pada
prestasi belajar siswa?
1.5 Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
1.5.1 Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh kegiatan
ekstrakurikuler debat bahasa inggris terhadap aktivitas belajar siswa kelas X
pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ. Namun secara spesifik tujuan
penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang:
1. Kegiatan
ekstrakurikuler debat bahasa inggris siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa
inggris di SMA XYZ.
2. Aktivitas
belajar siswa kelas X pada mata pelajaran bahasa inggris di SMA XYZ.
3. Pengaruh
yang signifikan antara kegiatan terhadap aktivitas belajar siswa kelas X pada
mata pelajara bahasa inggris di SMA XYZ.
1.5.2 Kegunaan Penelitian
Adapun
manfaat penelitian ini dapat peneliti rangkum kedalalam 2 bagian yaitu:
1.5.2.1
Manfaat Praktis
A. Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka
pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan hal-hal yang
mempengaruhi keberhasilan belajar anak.
B. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumbangan
pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun implementasi praktek
pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya
manusia.
1.5.2.2
Manfaat Teoritis
A. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan yang
bermanfaat bagi guru bahasa inggris sebagai bahan evaluasi sekaligus sebagai
masukan dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mempengaruhi
secara positif terhadap aktivitas belajar siswa di kelas.
BAB II
A.
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah atau
universitas,
di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap
jenjang pendidikan
dari sekolah
dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa
dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di
berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun
siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kegiatan dari ekstrakurikuler
ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga,
pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif
untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.
2.2 Jenis-Jenis
Berikut
beberapa contoh ekstrakurikuler yang di adakan di sekolah-sekolah di Indonesia:
- Olahraga
- Bola Basket
- Bola Voli
- Futsal
- Sepak Bola
- Bulu tangkis
- Renang
- Beladiri
- Judo
- Karate
- Pencak silat
- Pecinta Alam
- Takraw
- Tarung derajat
- Taekwondo
- Keagamaan (Pendalaman agama)
- Kerohanian Islam
- Kerohanian Kristen
- Kesenian/Apresiasi/Musik
- Drum band
- Jurnalis
- Pemandu sorak
- Paduan suara
- Tari
- Tari modern
- Tari tradisonal
- Teater
- Vokal grup
- Keilmuan
- Kelompok Ilmiah Remaja
- Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Alam
- Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Sosial
- Komunitas
- Information and Communications Technology Club
- English Study Club
- English Debate Club
- Jepanese Club
- Baris-berbaris
- Pasukan Pengibar Bendera
- Praja muda karana (pramuka)
- Medis
- Palang Merah Remaja
2.3 Pengaruh
Terdapat hubungan yang positif antara
keterlibatan siswa dalam kegiatan-kegiatan Ekstrakurikuler dengan
prestasi belajar siswa. Ada kecenderungan
semakin sering atau banyak seorang siswa terlibat dalam kegiatan
ekstrakurikuler semakin baik prestasi belajarnya.
B. Kesimpulan
Kesimpulan Sementara
Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa pengaruh kegiatan ekstrakulikuler didalam dunia pendidikan
khususnya disekolah sangat memberikan pengaruh positif kepada siswa dikelas.
BAB III
3.1
Penutup
Contoh laporan penelitian ilmah ini
mengangkat persoalan bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakulikuler didalam dunia
pendidikan, khususnya disekolah. Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler debat bahasa
inggris terhadap aktivitas belajar siswa dikelas
3.2
Saran
Berdasarkan beberapa uraian dan
kesimpulan tersebut maka perlu kiranya penulis untuk menyampaikan saran sebagai
usaha untuk meningkatkan efektifitas kegiatan ekstrakulikuler debat bahasa
inggris disekolah untuk memberikan pengaruh positif kepada siswa.
3.3 Daftar Pustaka
[1]. www.google.com
[2]. Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta, 1995
[3]. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung : Alpabeta, 2007
[4]. B.
Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah : Wawasan baru, Beberapa
metode pendukung dan Beberapa komponen layanan Khusus, Cet 1. Jakarta :
Rineka Cipta, 1997, AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BAHASA
INGGRISDI SMA Y KOTA TEBING TINGGI
Laporan ini dibuat bedasarkan Contoh Proposal Penelitian Ilmiah dipostingan sebelumnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar