Jumat, 08 November 2013

Pengenalan Compiere

Compiere
Compiere mempunyai arti untuk melengkapi, menyelesaikan, mengerjakan (dalam bahasa Italia) adalah solusi bisnis ERP dan CRM yang bersifat open source untuk perusahaan menengah dan kecil (SME) dalam bidang distribusi, ritel, pelayanan dan manufakturing. Compiere yang di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.

ERP
ERP adalah perusahaan lengkap solusi perangkat lunak bisnis yang luas. Sistem ERP terdiri dari modul dukungan perangkat lunak, seperti: pemasaran dan penjualan, bidang jasa, produk desain dan pengembangan, produksi dan kontrol inventaris, pengadaan, distribusi, fasilitas industri manajemen, proses desain dan pengembangan, manufaktur, kualitas, sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi, dan informasi jasa. Sedangkan CRM adalah Strategi bisnis yang hasilnya diharapkan akan mengoptimalkan tingkat keuntungan pendapatan dan kepuasan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan cara mengorganisasikan segmen-segmen pelanggan, mengarahkan organisasi agar berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan mengimplementasikan proses bisnis yang berfokus kepada pelanggan.

Tool-tool pada Compiere

  • Ignore                                   : tidak menyimpan data yang baru saja diinput.
  • Help                                     : untuk menampilkan window help.
  • New Record                         : membuat atau memulai record baru.
  • Delete                                   : Menghapus data yang sudah di input.
  • Save                                     : menyimpan data yg diinput untuk disimpan dalam database.
  • Refresh                                 : Menampilkan data yang baru diinput sehingga data yg lama tidak tampil dalam window.
  • Find                                      : mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor , client dan lainnya.
  • Attachment                            : digunakan untuk pengiriman database ke user yang meminta pengiriman melalui web.
  • Data Grid                              : Menampilkan seluruh database yang berupa tabel.
  • History                                  : tampilan kalender yang menentukan tanggal dibuatnya database dalam compiere dan menampilkan seluruh data berdasarkan tanggal.
  • Menu                                    : digunakan untuk balik ke window menu utama.
  • Parent Record                       : menampilkan data hanya berupa judul.
  • Detail Record                        : menampilkan record atau data secara detail.
  • First Record                          : menampilkan record yang ada di baris atasnya beserta dengan keterangan.
  • Last Record                          : menampilkan record hanya pada baris bawahnya atau sebelum.
  • Next record                          : menuju kedalam record selanjutnya dalam suatu report.
  • Last record                           : menuju kedalam record sebelumnya dalam suatu report.
  • Report                                  : menampilkan report yang sudah terdapat data input.
  • Arcive document & Report    : mengambil data berupa dokumen dan Report.
  • Print                                      : icon yang digunakan untuk mencetak laporan dalam bentuk hasil cetakkan kertas.
  • Zoom Across                        : menampilkan tampilan window zoom untuk mengganti data.
  • Active Workflows                 : mengambil data yang di gunakan
Tab pada business partner :
  • Business Partner : digunakan untuk mendefinisikan dengan pihak mana dan siapa anda bertransaksi. Window ini menyimpan semua informasi tentang Business Partner anda , dan nilai-nilai yang dimasukkankan akan digunakan untuk menghasilkan semua dokumen-dokumen transaksi.
  • Customer : Jika anda ingin Business Partner anda untuk menjadi Customer (pelanggan), silahkan klik pada Tab Customer dan Masukkan nilai-nilai yang sesuai. Ini akan digunakan sebagai nilai default ketika anda memasukkan Sales Order atau Customer Invoice untuk Business Partner (untuk parameter parameter tersebut).
  • Vendor : Jika anda ingin Business Partner anda untuk menjadi Vendor (pemasok), silahkan klik pada Tab Vendor dan Masukkan nilai-nilai yang sesuai. Pastikan bahwa anda memilih Cek-box Vendor. Anda dapat memilih nilai-nilai untuk bidang yang berikut: Payment Rule (Aturan pembayaran), Purchase Pricelist (daftar harga pembelian), PO Payment Term (termin pembayaran PO), Tax Category.
  • Employee : Jika Business Partner anda adalah seorang, anda dapat mendandainya melalui Tab Employee dan Masukkan nilai-nilai sesuai yang dibutuhkan.
  • Bank Account : Untuk memasukkan informasi Bank untuk Business Partner anda , klik pada Tab Bank Account dan masukkan nilai-nilai yang sesuai. dapat memasukkan bidang berikut: Account No, Swift Code, Bank Name, Name, City , Postal Code, State.
  • Location : Untuk memasukkan Informasi Lokasi atau Address untuk Business Partner anda
  • Contact (User) : Untuk memasukkan Informasi User/Contact untuk Business Partner anda.
  • Interest Area : Interest area membuat dasar untuk Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Customer) yang memungkinkan bagi anda untuk mengatur Email atau daftar distribusi untuk tujuan pemasaran (sebagai contoh, laporan berkala dll.).

 

Sumber :
- http://rrezzablog.blogspot.com/2009/11/compiere-goes-2-la.html
- http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/pengertian-compiere/
- http://irpantips4u.blogspot.com/2012/10/apa-yang-dimaksud-dengan-compiere-tool.html
- http://ivanmanoe5.blogspot.com/2012/12/tutorial-setting-business-partner.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar