Kamis, 29 September 2011

Frozen Food

Frozen food atau makanan beku memang sudah popular dikalangan masyarakat Jakarta, Indonesia ataupun dunia. Karna ke-praktisan dan ke-instan-annya makanan ini dipilih menjadi makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Terutama bagi para wanita karier yang tidak sempat atau merasa lelah membuat makanan sebelum atau sesudah mereka bekerja.

Makanan ini sangat mudah untuk didapatkan, di super market yang menjamur dimana-dimana ataupun pasar tradisional. Namun terkadang ditemukan juga para penjual yang kurang memperhatikan kualitas dan kuantitas produk frozen food ini. Banyak ditemukan makanan beku yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya, padahal seharusnya para produsen harus sudah menarik 1 bulan sebelum masa expired. Ditemukan juga dipasar-pasar tradisional produk makanan beku yang tidak ditempatkan di freezer (kulkas), padahal sudah dari judulnya saja “makanan beku” seharusnya makanan itu ditempatkan ditempat yang dingin dengan syarat penyimpanan disuhu -18 derajat celcius. Agar nutriennya tidak berkurang, kualitasnya tidak rusak dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Menurut pendapat para konsumen yang mengkonsumsi makanan ini, mereka memilih frozen food ini dikarenakan :
  • Instan
  • Praktis
  • Enak
  • Anak-anak suka
  • Makanannya bervariasi

Padahal jika diulas lebih dalam lagi makanan siap saji ini mempunyai kandungan gizi yang buruk apalagi apabila dikonsumsi secara terus menerus. Diantaranya :
-Kolestrol
-Lemak tinggi
-Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng frozen food yang tidak baik akan menghasilkan lemak jenuh, yang tentunya sangat tidk baik untuk tubuh
-Obesitas

Tanda-tanda makanan beku yang sudah tidak baik untuk dikonsumsi:
*Lunak
*Berair
*Lengket
*Asam

Makanan beku yang tidak diperhatikan kualitasnya apabila dikonsumsi dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya tipus, diare, muntaber dan lain sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk makanan beku:
^Selalu cek tanggal kadaluarsa
^Pilih yang terlihat masih segar
^Yang beku dan disimpan ditempat yang bersuhu -18 derajat

Cara mengolah makanan beku yang benar:
  1. Tidak boleh dibiarkan terlalu lama diluar
     2. Ditempatkan ditempat yang benar dan tertutup

Berbagai penyakit kebanyakan bersumber dari makanan yang kita konsumsi, pilihlah makanan yang baik dan bergizi tinggi agar keluarga anda terhindar dari penyakit. Makanan beku ini sebenarnya dapat dibuat sendiri sehingga kita mengetahui apa saja bahan yang dipakai. Be smart ya dalam memilih makanan yang baik untuk konsumsi sehari-hari ;)


Sumber : www.google.com dan pengaplikasian dengan bahasa dan pengalaman pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar