Senin, 26 September 2011

Social network mempermudah dalam segala urusan

Dalam perkembangan dunia yang semakin pesat khususnya dibidang tekhnologi, semua orang dituntut untuk cerdas dalam mengoptimalkan yg telah disediakan oleh dunia. Dalam pembahasan ini saya akan membahas tentang macam-macam social network (jejaring social) yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

Social networking merupakan suatu alat penghubung yang dapat menghubungkan semua orang dari belahan dunia manapun didalam satu wadah. Situs jejaring social merupakan web yang dapat menampilkan profil dengan isi identitas pengguna serta foto penggunanya, sehingga mempermudah para pengguna untuk mengenal satu sama lain didalam dunia maya ini atau mungkin yg memang telah kenal didunia nyata.

Para penggagas social networking menyadari akan kemajuan tekhnologi yg ada serta kebutuhan yang semakin lama semakin mendesak dan meningkat sehingga mereka memunculkan ide –ide kreatif yg baru. Banyak disediakan macam2 jejaring social untuk menunjang karier atau sekedar untuk silaturahmi ke kerabat agar tidak menjadi miss communication. Diantaranya : Twitter, Facebook, Friendster, Yahoo, MSN, Plurk, Koprol, Orkut, Ning, MySpace, Skype, hi5, Muxlim, Multiply, LiveJournal, LinkedIn, Jaiku, Google wave, Youtube, Blogspot, Heello, Flikr,Kaskus, dan masih banyak lagi.

Hampir sebagian besar masyarakat dunia paham akan jejaring social yang dapat mempermudah para penggunanya untuk berinteraksi dengan yang lain sekalipun itu di tempat yang sangat jauh. Pada dasarnya situs jejaring yang ada diciptakan untuk mempermudah para pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna yang lain. Semua social network yang tersedia sebenarnya tidak jauh berbeda antara yang satu dengan yang lain hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan tentang cara penggunaannya dan kemasannya. Sehingga para pengguna bebas memilih mana yang mereka minati dan yang sesuai dengan kebutuhan individu masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari adanya social network ini ialah :
* Efisien dan efektif
* Lebih murah dibandingkan dengan telpon
* Mempermudah berhubungan dengan orang lain dibelahan dunia manapun
* Penyebaran informasi berlangsung cepat
* Terjaga baiknya siilaturahmi
* Mempermudah dalam berbelanja, karna sekarang ada yg disebut dengan online shop
* Dapat menggali informasi sebanyak2nya dari internet

Kekurangan dari adanya social network ialah :
* Interaksi tatap muka (face-to-face) cenderung menurun karna kemudahan internet
* Lebih cenderung memilih social network karna lebih mudah dan praktis
* Membuat sebagian orang menjadi berlebihan akan social network ini sehingga bisa lupa makan bahkan tidur
* Menjadi individualisme
* Manjadi konsumsi public
* Ketergantungan akan adanya social network ini

Adanya kekurangan social network sebenarnya bersumber pada diri sendiri, tinggal bagaimana individunya pintar-pintar dalam mengontrol diri sendiri agar tidak termasuk seperti yang diatas.

Intinya berinternetlah dengan etika yg baik agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sumber : www.google.com dan pengaplikasian dari yang saya ketahui




Tidak ada komentar:

Posting Komentar