Selasa, 27 September 2011

Jenis kejahatan yang marak terjadi akhir-akhir ini

Sering ditemukan kejahatan terutama ditempat-tempat umum, yang dapat meresahkan masyarakat khususnya kaum wanita yang sering dianggap lemah oleh kaum pria. Hal ini tentunya akan membuat masyarakat tidak nyaman dalam beraktifitas diluar rumah.  ada beberapa jenis kejahatan yang akan saya ulas dipembahasan kali ini

1.      Kejahatan dengan pembiusan
Kejahatan dengan pembiusan ini kian marak didengar, kejadian ini biasanya terjadi diangkutan umum, tempat-tempat umum rawan lainnya seperti: halte, pasar, stasiun, terminal dan lain sebagainya. Kejadian ini menambah daftar criminal yang terjadi ditempat-tempat umum.

Dengan berbagai macam kejahatan yang terjadi, para pengguna tranportasi umum dituntut untuk lebih waspada agar tidak menjadi korban selanjutnya dengan memperhatikan keselamatan diri, diantaranya:
- Jangan menerima minuman atau makanan dari orang yang baru dikenal
- Memakai pakaian yang tidak mengundang kejahatan
- Tidak menggunakan aksesoris berlebihan
- Siapkan benda tajam untuk persiapan apabila ada yang mengganggu kenyamanan


2.      Perampokan dan pelecehan seksual diangkutan umum
Akhir-akhir ini sering ditemui kejahatan yang terjadi di transportasi umum, perampokan maupun pelecehan seksual. Para pelaku memanfaatkan kondisi lengah para pengguna angkutan umum untuk melancarkan aksinya.
Agar tidak menjadi korban sebaiknya berhati-hatilah dalam memiih angkutan umum yang akan digunakan :
- Jangan masuk ke angkutan umum yang kacanya gelap
- Duduklah ditempat yang menurut anda paling aman, seperti dekat pintu
- Jangan naik kendaraan yang semua isi penumpangnya pria (bagi wanita)
- Bila perlu catat plat nomor kendaraan
- Jangan menggunakan benda-benda berharga dengan bebas didalam angkutan
- Jangan memancing kejahatan menghampiri anda
- Berpakaian sepantasnya naik angkutan


3.      Pembajakan dikereta api
Pembajakan kereta api ini memang tidak terlalu sering didengar, namun akhir-akhir ini ditemukan kasus demikian, tepatnya saat arus mudik ramai. Pembajakan KA sangat meresahkan bagi pengguna KA yang lain. Dengan keberadaan oknum yang hanya mau enak sendiri ini, kenyamanan penumpang lain jadi terusik.

Keadaan tersebut membuat pihak yang berwajib turun tangan dan mengamankan daerah-daerah yang mungkin menjadi sasaran para pembajak kereta api. Agar kejadian pembajakan dan terorisme  tidak terjadi lagi dengan kelakuan oknum-oknum yang tidak betanggung jawab dengan memanfaatkan kekacauan jalur mudik.

Bagi pengguna transportasi umum tetap waspada yaaa ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar