Jumat, 29 Maret 2013

Activity Diagram pada StartUML

Pengertian UML dapat dilihat dipostingan sebelumnya, klik disini. Sekarang kita akan membuat diagram menggunakan starUML beserta contoh kasus lainnya yang menggunakan starUML
 klik icon disamping pada desktop anda untuk memulai pemrograman menggunakan startUML,
maka akan muncul jendela seperti dibawah ini, lalu pilih cancel




Contoh kasus 1:
Pendaftaran calon mahasiswa baru


Keterangan diagram:
Diagram diatas adalah alur pendaftaran mahasiswa baru. Dimulai dari mahasiswa baru, datang kekampus lalu daftar kuliah. Setelah daftar kuliah, mahasiswa baru menyerahkan identitas diri seperti foto, data diri, dan ijazah. Setelah dikumpulkan, diperiksa oleh baak. Setelah diperiksa, mahasiswa diberikan jadwal test lalu mengikuti test. Apabila dinyatakan lulus, mahasiswa tersebut membayar biaya yg disepakati dan memulai kuliah perdana. Apabila tidak lulus mahasiswa kembali keawal yaitu daftar kuliah dan mengikuti test ulang.

Contoh kasus 2:
Penulisan ilmiah


Keterangan:
Diagram diatas menjelaskan tentang bagaimana alur penulisan ilmiah terjadi. Dimulai dari bertemu dengan dosen lalu mengajukan judul penulisan ilmiah yang hendak dibuat. Apabila judul tidak diterima penulis mengajukan judul lagi, apabila diterima oleh dosen pembimbing maka mengadakan penelitian sampai penyusunan ilmiah. Lalu daftar untuk sidang, setelah di acc kemudian penyerahan PI dan melakukan sidang.


Contoh kasus 3:
Penulisan Ilmiah dengan alur diagram yang berbeda


Keterangan:
Diagram diatas menjelaskan alur pada penulisan ilmiah. Dimulai dari menemui dosen pembimbing lalu memberikan judul yang akan dijadikan penulisan ilmiah. Setelah mengajukan judul dan di acc, memulai penulisan bab1 sampai selesai, pengerjaan PI. Semua itu dilandaskan oleh penjelasan dosen pembimbing. Setelah semua step selesai, penulis mengajukan sidang dan sidang. Apabila berhasil dan lulus mendapatkan sertfikat D3. Apabila gagal, melakukan pengulangan penulisan ilmiah (PI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar