Rabu, 15 Januari 2014

Gambaran Tes CPU secara detail (Kasus Pada Komputer Lokal (Tuning))

1. CPU Tes - Overall
Memberikan tugas khusus yang intensif kepada prosesor yang banyak digunakan pada aplikasi sehari-hari yaitu tes operasi integer dan floating point.

2. CPU Test - JPEG decompression
Tes ini mewakili tugas CPU ketika browsing di web dalam membaca dokumen dengan gambar. Tes ini mecoba medekompresi 3 gambar dalam waktu 10 detik mulai dari ukuran file gambar 149kB, 771kB, dan 889kB. Hasilnya dalam Mpixels/s, berapa banyak rata-rata gambar yang berhasil didekompresi per detik.

Teknis Detil Tes :
Standard JPEG library (version 6b) diambil dari Independent JPEG Group (www.ijg.org). file gambar akan di load ke memori sebelum didewkompresi proses decoding JPEG menggunakan pipeline fixed-point IDCT dan RGB-24 dengan output dalam pixel format, jadi tes ini adalah tes operasi integer.

3. CPU Test - Zlib compression & decompression
Proses kompres dan dekompresi terdapat banyak pada aplikasi sehari-hari. Data yang akan ditransfer biasanya mengalami proses-proses ini ketika ditransfer. Ada 3 file, yaitu 887kB JPG image, 1468kB file text , dan 1280kB file executable, yang akan mengalami kompresi berapa kali dalam waktu 10 detik tergantung kamampuan CPU, lalu dalam putaran 10 detik berikutnya mengalami dekompresi. Hasil dalam bentuk MBytes/s, atau berapa megabytes data yang dapat dikompresi/dekompresi per detik.

Teknis Detil Tes :
Test ini adalah perhitungan integer. Setiap file tes akan terload dalam 1MB memory buffer sebelum dikompresi. Area buffer lainnya dengan ukuran 500KB digunakan untuk mengkompresi data buffer, dan waktu untuk mengkompresi/dekompresi data dapat diindikasikan sebagai CPU speed. Standar LZ77 metode kompresi didapat dari open source ZLIB (www.gzip.org/zlib/)

4. CPU test - Text search
Text file berukuran besar digunakan dalam tes ini, yang diukur adalah berapa operasi cari yang sukses. Proses pencarian teks ini banyak digunakan pada aplikasi browsing the web, e-mail, dan proses pengolahan dokumen. merupakan operasi integer.

Teknis Detil Tes :
Menggunakan Boyer-Moore algorithm, dipilih karena amat efisien dalam aplikasi sehari-hari. Text file sebesar 1.5MB diload ke sistem memori sebelum pencarian dilakukan. Mengukur banyaknya frekuensi yang tampil dalam menemukan teks yang dicari dalam waktu 10 detik.

5. CPU test - Audio Conversion
Kompresi MP3 file audio menggunakan algoritma public audio compression format Ogg Vorbis (http://www.gnu.org/directory/oggvorbis.html). Microsoft MP3 decoder (terdapat pada DirectShow filter DirectX) digunakan untuk dekompresi. Untuk MP3 encoder menggunakan Ogg Vorbis encoder. Tes ini mengukur CPU workload dari MP3 playback dan kompresi.

Teknis Detil Tes :
30 detik 128kbit/s MP3 stream (500kb ukuran terkompresi) didekompresi secara simultan ke 44kHz/16bit PCM format dan dalam Ogg Vorbis format. DirectShow digunakan untuk membuat filter graph agar kinerja dan waktu yang digunakan dapat dihitung. Filter yang dipakai dalam graf tersebut : File Source (Async.), MPEG-I Stream Splitter, MPEG Layer-3 Decoder, Vorbis Stream Encoder, AVI Mux dan Null Renderer,

6. CPU test – Kalkulasi 3D Vector
Simulasi rambut pada kepala manusia merupakan salah satu teknik advanced real-time 3D demo. Ini banyak digunakan pada game terakhir. Obyek pada rambut terdiri dari banyak sekali polygon. Yang membentuk suatu hubungan yang amat kecil satu sama lain. Kalkulasi floating point 3D transformation yang sangat kompleks dibutuhkan untuk dapat menampilkan hal ini. Tes berlangsung dalam 10 detik, hasilnya menunjukkan berapa fram yang berhasil ditampilkan dalam masa tersebut.

Teknis Detil Tes :
Test simulasi keadaan physics dan pencahayaan pada rambut. Rambut tersebut dijadikan model menggunakan garis polygon dengan 7300 rambut 8 node, menkonsumsi 7300 * (24 + 8*24) = 1576800 ~= 1.5 MB memory. Kode fisik rambut diproses memperhatikan 3 hal : gravitasi, kelurusan rambut dan kriting. Teknik pencahayaan adalah anisotropic, dikodekan dengan MAX-FX's vector template library. Kode terdiri dari penambahan vektor, produk titik dan garis silang dan normalisasi vektor yang menggunakan nilai 32 bit floating-point.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar