• Digunakan untuk mendefinisikan dan menggambarkan kebutuhan pemakai secara detil, waktu spesifik dan hambatan biaya• Mengikuti perencanaan sistem dan dilanjutkan rancangan sistem general
• Tugas utama analis sistem mencakup :
− Menetapkan ruang lingkup sistem
− Mengumpulkan fakta studi
− Menganalisis fakta studi
− Mengkomunikasikan penemuan melalui LAPORAN ANALISIS SISTEM
• Sistem analis yang sukses bergantung pada :
− Fakta studi yang komprehensif
− Teknik untuk mengumpulkan fakta studi
− Keterlibatan penuh pemakai
− Perangkat pemodelan untuk menganalisis
− Iterasi
• Penggunaan metode kuno untuk mengembangkan sistem
(GAMBAR)
− Penggunaan metodologi, perangkat pemodelan dan teknik yang kuno metodologi yg tidak jelas atau didefinisikan kurang baik, template diagram alur cara lama dan penggunaan banyak kertas
− Sistem yang dihasilkan akan :
a. Sulit untuk dipelihara
b. Tidak dapat digunakan tanpa perbaikan besar
c. Tidak dapat diandalkan
d. Sulit untuk dikembangkan
• Penggunaan metode modern untuk mengurangi metode kuno : JAD, Teknologi CASE, Diagram Jackson, W/O, Tim SWAT (Specialist With Advanced Tools)
• (Alat & Teknik/metode setiap Tahap)
FAKTA STUDI
• Suatu bagian dari informasi yang memperlihatkan realita, situasi dan hubungan yang menjamin analisis dan memodelkan secara cermat
• Fakta studi berasal dari 3 sumber yaitu :
1. Sistem sekarang
Pro kontra dari menganalisis sistem yg sekarang
Analisa Sistem
Seorang analis tidak selalu diberi kesempatan untuk membangun sebuah sistem dari awal.
Timbul analisis :
- Apa peranan sistem yg sekarang dengan sistem yang baru ?
- Apakah sistem yg sekarang baik ? Cukup baik ?
- Apakah sebaiknya menganalisis dan memodelkan sistem yg sekarang ?
- Bila ya, apakah sub sistem dalam sistem yg sekarang dianalisa ?
Keuntungan Menganalisis sistem yang sekarang :
- Menentukan apakah sistem tersebut memuaskan, memerlukan perbaikan kecil/besar atau diganti
- Membantu analisis untuk mengidentifikasikan sumber yang tersedia untuk sistem yang baru
Kerugian Menganalisis sistem yang sekarang :
- Sistem yang baru tidak relevan
- Menghasilkan hambatan yang tidak perlu atau hambatan buatan yang dimasukkan dalam rancangan dari sistem yg baru
2. Sumber internal
− Sumber yg paling penting adalah orang-orang yang akan menggunakan sistem yang baru
− Sumber berikutnya bergantung dari pekerjaan pada kertas atau dokumen dalam organisasi
3. Sumber eksternal
− Untuk melakukan pertukaran pengalaman sistem informasi dan merekomendasikan cara yg baik -> melalui membentuk grup, sponsor, seminar
• Teknik utama yang digunakan :
1. Wawancara
− Sebuah pertukaran informasi
− Direncanakan dan mempunyai kegunaan spesifik
− Sebuah mekanisme umpan bail dan jalan yg utama untuk mengumpulkan fakta studi saat digunakan dalam tahap analisis sistem
Tipe pertanyaan :
− Terbuka :
- netral dan tidak membatasi
- arah dan perkembangan dari wawancara dapat dikontrol oleh jawaban orang yg diwawancarai
− Tertutup
- Spesifik dan menyediakan pewawancara lebih banyak kontrol terhadap arah dan perkembangan dari wawancara
Pertanyaan dapat terbagi atas :
− Pertanyaan Primer
Spesifik, direncanakan, dan netral
Analisa Sistem
− Pertanyaan Sekunder
- Pertanyaan kelanjutan atau penelitian yg dirancang untuk mendapatkan lebih banyak informasi
- Tidak direncanakan, selalu dihubungkan dengan pertanyaan primer
Format urutan Wawancara :
− Funnel Format
dimulai dengan pertanyaan terbuka, kemudian pertanyaan tertutup
− Inverted Funnel Format
dimulai dengan pertanyaan tertutup diluaskan kepertanyaan terbuka
Psikologi dari wawancara
Mengenai hubungan antara orang-orang. Wawancara adalah sebuah seni, yang tidak selalu berlangsung sesuai dengan yang direncanakan.
Membangun profile sebelum wawancara dari subyek wawancara
Mencatat dan Mengevaluasi wawancara
− Mencatat
- Respon dari pertanyaan tertutup
- Respon dari pertanyaan terbuka
− Mengevaluasi
- Untuk memastikan penyempurnaan
2. Sampling
Adalah aplikasi dari prosedur tertentu untuk mengurangi 100% dari jenis dalam sebuah survei -> utk mengevaluasi atau memperkirakan beberapa karakteristik dari populasi
Berguna saat penentuan karakteristik atau nilai dari semua jenis -> memakan waktu yg lama
3. Mengamati (Observasi)
− Mengamati orang-orang yg melakukan aspek yg bervariasi dalam pekerjaan mereka.
− Sebelum melakukan pengamatan, analis sebaiknya :
- Mengidentifikasi dan menentukan apa yg akan diamati
- Memperkirakan lama waktu pengamatan yg dibutuhkan
- Mendapat persetujuan manajemen
- Menjelaskan pada peserta apa yg akan dilakukan untuk diamati
− Melakukan pengamatan yang paling efektif
− Dokumentasi dan organisasi catatan pengamatan
• Menyimpulkan analisis sistem dan mengkomunikasikan penemuan
• Menyiapkan laporan Analisis Sistem
− Laporan analisis sistem yg dipersiapkan dengan baik mendefinisikan dan meringkas penemuan yg dihasilkan dari mengumpulkan dan menganalisis fakta studi.
Analisa Sistem
− Judul Utama dan isi laporan meliputi :
1. Alasan dan ruang lingkup dari analisis sistem
2. Daftar masalah utama yang diidentifikasikan
3. Pernyataan lengkap & definisi dari kebutuhan pengguna
4. Daftar dari asumsi kritis
5. Rekomendasi
• Menyajikan penemuan dengan lisan
− Walaupun telah didokumentasikan perlu adanya penyampaian secara langsung dari manajer proyek, analis sistem dan anggota tim lainnya
− Tiga metoda yang dapat digunakan :
1. Pengingatan
2. Mambaca
3. Tanpa persiapan
− Menggunakan perangkat audio dan visual dalam penyajian lisan
• Empat kemungkinan hasil dari analisis sistem :
1. Membatalkan proyek
2. Penundaan proyek
3. Merubah proyek
4. Melanjutkan proyek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar