Sabtu, 15 Maret 2014

Apa itu Jailbreak?

Sebagai seorang yang kerap melakukan jailbreak baik pada perangkat iOS sendiri atau milik orang lain, saya sering menerima pertanyaan mengenai kegunaan jailbreak dari orang-orang yang berencana jailbreak. Saya merasa kegunaan yang paling utama dari jailbreak adalah, memaksimalkan kemampuan perangkat iOS dari batasan Apple.
Proses jailbreak sebenarnya cuma menambahkan sebuah aplikasi bernama Cydia. Lewat Cydia inilah, pemaksimalan pada perangkat iOS bisa kamu lakukan dengan memasang themes, tweak, atau aplikasi yang mempunyai fungsi-fungsi unik.

Apa saja kelebihan dari jailbreak?

Jailbreak dapat menambahkan berbagai fungsi dengan memanfaatkan tweak yang disediakan pada Cydia. Misalkan, perangkat iOS yang sudah berumur kerap kali mendapatkan masalah pada tombol Home. Namun kerusakan tersebut bisa dicegah dengan menggunakan tweak Zephyr yang dapat membantu mengurangi intensitas kita dalam menggunakan tombol Home.
Kelebihan jailbreak
Kelebihan jailbreak
Pengguna perangkat iOS biasanya menginginkan perangkat iOS miliknya dapat tampil berbeda dengan yang lainnya. Pada Cydia juga terdapat banyak sekali themes yang menarik untuk dipasangkan pada perangkat iOS. MakeMac juga pernah membahas tentang themes menarik yang sangat diminati bernama Ayecon.

Apakah jailbreak itu berbayar?

Untuk kamu yang masih awam dalam menggunakan perangkat iOS dan tidak mau mengambil resiko, sudah banyak toko-toko selular yang menyediakan jasa jailbreak. Harga-harga yang diberikan pun bervariasi dimulai dari 100rb–200rb.
Biaya jailbreak
Biaya jailbreak
Tapi jika kamu enggan untuk mengeluarkan uang sebanyak itu dan berani mengambil resiko, maka MakeMac sudah menyediakan beberapa tutorial jailbreak yang kami harap dapat memudahkan kamu dalam melakukan jailbreak, serta menghadapi masalah yang akan timbul di kemudian hari. Contohnya adalah masalah Missing Keys.plist yang dialami pada jailbreak 6.0.1.

Apakah jailbreak itu berbahaya?

Saya tidak dapat menyatakan apakah melakukan jailbreak pada perangkat iOS itu berbahaya atau tidak. Yang pasti, jailbreak itu beresiko.
Bahaya jailbreak
Bahaya jailbreak
Karena para developer Cydia tidak mengikuti pedoman penggunaan Memory dan CPU yang diberikan oleh Apple, maka perangkat iOS yang sudah melakukan jailbreak akan cenderung memiliki beberapa masalah seperti tingkat stabilitas, konsumsi baterai meningkat, performa yang lebih lambat, atau reboot tanpa sebab yang jelas. Munculnya masalah-masalah tersebut bervariasi, tergantung dari tweak dan aplikasi yang kamu pasang.

Apakah jailbreak merupakan suatu keharusan?

Jika kamu masih menggunakan iPhone 1st Gen atau yang biasa disebut dengan iPhone 2G, maka jailbreak merupakan suatu keharusan. Pasalnya, salah satu fungsi utama jailbreak pada saat itu adalah proses Unlock, dan seluruh iPhone 2G adalah SU. Jadi, supaya bisa membaca kartu SIM lokal maka dibutuhkan proses Unlock. Lalu pada Juli 2008 muncul iPhone 3G yang dipasarkan di hampir seluruh dunia, dan di sinilah cikal bakal iPhone SU dan FU muncul.
Pentingnya jailbreak
Pentingnya jailbreak
Proses jailbreak tidak lagi menjadi suatu keharusan, karena dengan adanya iPhone FU, semua orang bisa bebas menggunakan kartu SIM apapun tanpa memerlukan proses Unlock. Tapi proses ini tetap disediakan oleh Cydia, berhubung pada saat itu banyak orang lebih memilih untuk menggunakan iPhone SU, karena harganya yang pada saat itu jauh lebih murah dibandingkan dengan iPhone FU.

Apakah jailbreak itu legal?

Hal ini sudah menjadi pembahasan yang cukup lama di beberapa negara, sehubungan dengan tidak adanya pihak yang dirugikan setelah melakukan proses jailbreak. Tapi di sisi lain, kamu akan memasang aplikasi yang pada dasarnya tidak mendapatkan pengesahan oleh Apple.
jailbreak di mata Hukum
jailbreak di mata Hukum
Setelah melalui pembahasan yang cukup panjang, akhirnya Digital Millennium Copyright Act menyatakan bahwa jailbreak adalah hal yang legal di US, walaupun Apple juga memberikan pernyataan bahwa seluruh perangkat iOS yang sudah melakukan jailbreak akan kehilangan garansinya.

Jailbreak Tethered Vs Jailbreak Untethered?

Dua pernyataan diatas pertama kali muncul pada tahun 2010, di mana pada waktu itu Dev-Team Blog meluncurkan aplikasi redsn0w yang dapat digunakan untuk melakukan jailbreak pada iOS 4.2.1. Untuk sebagian orang yang belum mengetahui apa itu Jailbreak Tethered dan Jailbreak Untethered, penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut:
Tethered Vs Untethered
Tethered Vs Untethered
Jailbreak Tethered adalah proses jailbreak yang mana pada setiap proses menghidupkan perangkat iOS, membutuhkan bantuan dari Mac/PC yang sudah terpasang aplikasi redsn0w di dalamnya. Jenis jailbreak ini kurang diminati, karena menurut sebagian orang sedikit merepotkan.
Jailbreak Untethered adalah proses jailbreak yang tidak membutuhkan bantuan apapun dalam menghidupkan perangkat iOS. Jenis jailbreak ini adalah yang paling diminati, dan yang paling saya sarankan.
Jadi, mana yang akan memenangkan pertandingan Jailbreak Tethered Vs Jailbreak Untethered? Sudah tentu jawabannya adalah jailbreak Untethered.

Akhir Kata

Keputusan untuk jailbreak atau tidak seluruhnya berada di tangan kamu sebagai pemilik dari perangkat iOS. Saya harap artikel ini dapat membantu kamu dalam memutuskan apakah kamu ingin memaksimalkan perangkat iOS kamu, atau cukup menikmati dari apa yang diberikan oleh Apple. Apabila terdapat pertanyaan lain seputar jailbreak, silahkan tinggalkan pada kolom komentar. 

Sumber : makemac.com

1 komentar: