Minggu, 09 Maret 2014

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

SDM dalam konteks bisnis adalah orang yang bekerja dalam suatu organisasi yang sering pula disebut karyawan. SDM merupakan aset yang paling berharga dalam perusahaan, tanpa manusia maka sumber daya perusahaan tidak akan dapat menghasilkan laba atau menambah nilainya sendiri.

MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia, bukan mesin, dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.

*Definisi
Tidak ada yang sama tentang definisi SDM, ada beberapa definisi menurut:
- Amstrong
Bagaimana orang-orang dapat dikelola dengan cara yang terbaik dalam kepentingan organisasi

- Kenooy
 Suatu metode memaksimalkan hasil dari sumber daya tenaga kerja dengan mengintegrasikan MSDM ke dalam strategi bisnis.

- Storey
Pendekatan yang khas, terhadap manajemen tenaga kerja yang berusaha mencapai keunggulan kompetitif, melalui pengembangan strategi dari tenaga kerja yang mampu dan mmiliki komitmen tinggi dengan menggunakan tatanan kultur yang integrated, struktural dan teknik2 personel.

- Bambang Wahyudi
Ilmu dan seni atau proses memperoleh, memajukan atau mengembangkan dan memelihara SDM yang kompeten sedemikian rupa, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisiensi dan ada kepuasan pada diri pribadi yang bersangkutan.

1 komentar:

  1. Blog anda sangat bagusss...

    Hasilkan Blog Anda Menjadi Mesin Penghasil Uang Dengan Penghasilan 3 Juta - 15 Juta / Minggu, Daftar & Pelajari Segera Caranya Di http://newkerjaonline2014.blogspot.com/

    BalasHapus