Minggu, 23 Maret 2014

Konsep Dasar HTML

Dalam mendesain web, kita tidak akan bisa lepas yang namanya HTML (Hypertext Markup Language). HTML adalah bahasa standar yang digunakan untuk menyusun/membangun suatu halaman web.

Meskipun sekarang ini telah bermuncul software-software yang dapat digunakan untuk membangun suatu halaman web secara instan tanpa susah-susah memperhatikan struktur HTML, tidak ada salahnya kalau HTML itu sendiri dipelajari. Manfaat yang diperoleh apabila mempelajari HTML selain mampu membangun halaman web, juga dapat dikembangkan untuk pemrograman web. Pemrograman web akan selalu terkait dengan HTML tersebut. Pemrograman web biasanya dikembangkan untuk membangun web yang dinamis.

  1. Struktur Dokumen HTML
Syarat perlu mempelajari suatu bahasa pemrograman adalah mengetahui Strukturnya. Program/dokumen HTML (tag) dapat ditulis/dibuat melalui berbagai macam editor, misalnya Notepad, EditPlus, Notepad++, Wordpad, Macromedia Dreamweaver, dll. Tag-tag tersebut dapat dituliskan dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Setelah tag HTML ditulis dengan menggunakan editor tersebut diatas, simpanlah file tersebut dengan format file nama_file.htm atau nama_file.html

HTML terdiri dari Kepala Program/Dokumen dan Badan Program/Dokumen dengan strukturnya sbb :

       <html>
      <head>
            ......... Kepala Program
     </head>
     <body>
           ......... Badan Program
     </body>
     </html>

Dokumen HTML adalah suatu dokumen yang diapit dengan tag <HTML>Kepala program diapit dengan tag <HEAD> dan untuk badan program diapit dengan tag <BODY>. Berikut ini akan diberikan contoh program HTML yang sederhana :

<html>
<head>
     <title>Ini Homepage Pertama Saya</title>
</head>
<body>
<center>
   <h1>Homepage-Ku</h1>
   Inilah <b>Homepage </b> Pribadiku <i>Yang Pertama</i>
</center>
</body>
</html

 Tampilan Program :



Sumber : Sosmiadi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar